Skip to main content
loading...

Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet

Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet - Di era modern ini boleh jadi mencari pekerjaan bagi sebagian orang akan jauh lebih mudah, namun bagi sebagian orang lain membuat sebuah penipuan dengan modus lowongan kerja akan lebih gampang juga, untuk itu kita perlu mengetahui tips agar tidak tertipu dalam memilih pekerjaan di internet, Yuk kita bahasa apa saja tips agar tidak tertipu dalam memilih pekerjaan di Internet :

Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet
Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet


1.Trick melamar memanfaatkan media telephone seluler

Apabila kamu melamar waktu ini,dalam hri itu pun kamu menerima balasannya, tidak jarang SMS calon korbannya (melebihi kondisi yg normal, bahkan calon pelamar sendiri dapat risih dgn seringnya menerima SMS dari perusahaan tersebut). nah di sini ada persaingan diantara mereka sendiri dalam mencari korban. Ini lantaran, komisi cuma didapat bila mampu berpromosi & memperoleh korban baru. Tak ada korban, ga ada komisi. Menjadi nama kepada surat lamaran kerja wajib di cantumkan. Mereka berebutan menciptakan di kabar iklan cuma-cuma Khususnya di website-website gratis, sebab web ini pun free, enteng, tidak dengan verifikasi administrator & lain-lain. 

2. Kebanyakan di tempatkan diluar pulau/ jauh dari kota.
(sampel : perusahaan batubara dll) Kantor & alamat terhadap ketika tes wawancara Tak jelas/tidak pas bersama kriteria tugas. 

3. ga ada differensiasi seperti pengalaman kerja/jabatan antara lulusan SMA/K, D3, S1, 
Semuanya punyai kesempatan yg sama. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tak professional. Ini layak dicurigai, perusahaan tersebut ialah perusahaan abal-abal. 

4. dan yg terpenting merupakan, janganlah mau  utk diminta anggaran,
Komisi/seminar/pembelian produk/biaya travel,dll,(Modus & alasannya tetap berkembang & memaksa).lantaran perusahaan yg benar tak sempat meminta anggaran sepersenpun dari calon kariyawan. 

5. Lihat E-mailnya

Apabila perusahaan besar tapi menggunakan E-mail yang gratisan seperti (yahoo ataupun gmail) lebih baik jangan percaya karena perusahaan besar akan membuat akun emailnya sendiri, seperti recruitment@namakantor.co.id, Dan jika anda sudah melihat email-seperti namakantor.co.id lebih baik langsung cek link websitenya dan cari tahu kebenarannya disana, apakah mereka membuka lowongan kerja atau tidak.

6Bila anda dipanggil untuk test, wawancara dan sebagainya, kemudian dinyatakan lulus perhatikan apakah anda dimintakan uang atau tidak. Jangan pernah melayani segala permintaan uang dari si pemberi kerja apapun alasannya, misalnya untuk biaya training, penempatan lokasi, jaminan dan seterusnya, karena itu adalah indikasi nyata penipuan. Berapapun biayanya, baik hanya sekitar puluhan ribu apalagi jika sampai jutaan rupiah.  Perlu diperhatikan terutama bagi pencari kerja yang fresh, bahwa segala biaya pencarian kerja baik dilakukan oleh internal maupun agency (recruitment agency) adalah tanggungan dari pemberi kerja (employer).
 
7. Jika anda ditawari orang yang sanggup memberikan suatu pekerjaan dengan syarat imbalan uang sebagai pelicin, sebaiknya lupakan saja. Orang seperti ini adalah calo tenaga kerja yang kebanyakan juga adalah penipu. Sasaran utama mereka adalah pencari kerja untuk pegawai negeri sipil, pegawai pemda atau badan usaha negara. Ikuti saja jalur resmi, karena jalur tersebut murni tanpa uang sama sekali.

8. Berhati-hati jika anda ditawari suatu posisi yang berbeda jauh dengan posisi yang anda lamar, misalnya melamar posisi untuk staff administrasi keuangan, tetapi ditawari posisi staf marketing. Lakukan cek dan ricek terhadap perubahan posisi tersebut, dan ini sebenarnya tergantung anda apakah mau menerima atau tidak. Kadang biasanya ini berkedok money game, investasi, future trading,marketing product atau MLM. Sekali lagi cek pada asosiasi profesional apakah perusahaan tersebut terdaftar atau tidak, seperti APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia) untuk MLM, Bursa Efek / Berjangka untuk investasi dst.

9. Jika dalam proses wawancara kerja, kemudian anda dimintakan data berharga seperti nomor kartu kredit dan nomor rekening, jangan layani. Karena ini termasuk penipuan juga, yang biasanya melibatkan orang yang mengerti tentang teknologi kartu kredit dan transfer di bank

10. Berhati-hati pada penawaran kerja oleh seseorang  yang tidak anda kenal baik untuk penempatan di daerah jauh dari domisili anda atau lintas pulau/provinsi bahkan di luar negeri. Biasanya tawaran kerja ini kepada karyawati untuk skill yang tidak tinggi seperti pekerja salon kecantikan, pekerja hiburan/hotel, jasa dll. Umumnya disertai dengan iming-iming gaji jutaan bahkan belasan juta jika dirupiahkan. Banyak penawaran kerja ini sebenarnya adalah penipuan atau masuk ke dalam sindikat perdagangan manusia (trafficking).


11. Kualifikasi yang disebutkan harus sesuai dengan posisi yang ditawarkan.


12. Jika yang dicantumkan pada iklan hanya salah satu yang ada (misal hanya ada no telpon atau alamat) maka segera telpon atau datangi alamat tersebut. Jika tidak ada yang mengangkat/mencurigakan atau tidak ada alamat tersebut berarti perusahaan itu palsu

13. Waspada pada alamat PO BOX atau kotak pos. bagi pengguna pos surat, nama, alamat dan nomor telepon serta kotak perusahaan harus lengkap

14. Waspadai  lamaran pekerjaan online yang menjanjikan training online, administrasi online, dll, yang ujung-ujungnya duit juga!
Contoh email yang palsu :
E-mail (ekoantonkusumah619@gmail.com)
Facebook (eko anton kusumah)
My Tweet (ecko619)
Yahoo Messenger (ekoantonkusumah619@yahoo.com)

Contoh lowongan palsu

LOWONGAN PT PETRONAS NIAGA INDONESIA (JAKARTA)

Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi dan mengirim via email yang akan kami proses
tuliskan nama posisi yang anda inginkan di subject email tuliskan nama situs info lowongan 
(darimana anda mengetahui info tersebut) max data 256 kb (cv&lamaran berada di 1file yang sama, berbentuk word/pdf) 
Lowongan berakhir tahun ini.

kualifikasi pendidikan min diploma,S1, S2 sederajat.

Kami mencari para profesional dan orang sangat

termotivasi untuk:
PEKERJAAN UNTUK: SUPERVISOR PRODUKSI
KERJA LOKASI: Jl Mega Kuningan Lot 5.1 Menara Rajawali Lt 24, Kuningan Timur, Setia Budi Kota Jakarta Kode Pos 12950
KUALIFIKASI: JURUSAN diploma S1, S2 sederajat

Duties
Kirimkan Surat Lamaran & Daftar Riwayat Hidup lengkap (hp&email aktif)
disertai pas foto 4x6 dan di alamatkan ke :
Kepada yth, Manager HRD
Email : hrdpetronasniagaindonesia@yahoo.co.id

13. Tawaran gaji besar

Ciri selanjutnya dari lowongan kerja penipuan adalah tawaran gaji yang sangat besar. Bahkan Farida sendiri pernah menemukan lowongan kerja yang menawarkan gaji Rp 10 juta per bulan kemudian ditambah uang makan, transport dan lain sebagainya.
Farida meminta pencari kerja berhati hati dengan lowongan seperti ini. Kebanyakan lowongan dengan gaji tinggi hanya menipu dan akhirnya meminta uang kepada pencari kerja.
"Selain itu perusahaan dengan modus penipuan tersebut juga menawarkan level pekerjaan staff karena seringkali para pencari kerja kebanyakan tertipu level itu," katanya.
Dalam hal gaji, perusahaan besar biasanya akan membayar sesuai kualifikasi yang ada pada calon tenaga kerja, dan kebanyakan masalah gaji adalah confidential dan tidak pernah diungkap di pengumuman lowongan kerja.
14. Amati nomor telepon saat panggilan interview
Ketika telah memasukkan lamaran, pencari kerja biasanya ditelepon untuk melakukan sesi wawancara. Dari nomor telepon tersebut, sebenarnya pencari kerja bisa curiga apakah itu penipuan atau tidak.

Menurut Farida, hal yang paling patut dicurigai adalah ketika nomor yang dihubungi adalah nomor seluler dan kemudian meminta Anda untuk segera menghubungi nomor lain untuk konfirmasi lowongan tersebut.
"Karena sangat aneh apabila sebuah perusahaan besar yang menyelenggarakan lowongan tetapi nomor telepon yang bisa dihubungi adalah nomor seluler dan bukan nomor fixed-phone resmi dari perusahaan tersebut," jelasnya.
Selain itu, lowongan kerja penipuan juga melakukan pemanggilan wawancara melalui pesan singkat atau SMS.
"Jika ada perusahaan yang melakukan pemanggilan interview melalui SMS, sebaiknya dihindari," ujar dia.
Daftar 158 Perusahaan Modus Penipuan Kerja :
1. PT Mitra Utama Global
2. PT PERSONAL PRATAMA
3. PT PERSONAL DEVELOPMENT
4. PT TRINANDA BAYO PERKASA
5. PT MULTI STRADA DEVELOPMENT
6. PT MANAGEMENT TRAINING
7.-PT UTAMA PERSONAL DEVELOPMENT
8. PT UTAMA INTERNATIONAL
9. PT HIGH TECH CENTER
10. PT AMITEX KARYA UTAMA
11. PT MITRA PERMATA INDONESIA
12. PT MITRA INDO BANDUNG
13. PT GLOBAL DEVELOPMENT
14. PT GLOBAL SEMESTA MANDIRI
15. PT ASIA INDO DEVELOPMENT
16. PT ASIA INDO PERSONAL
17. PT MANAGEMENT TRAINING SYSTEM INC
18. PT MITRA COMPANY
19. PT GLOBAL GROUP
20. PT LEGAL GROUP
21. PT UTAMA MITRA COMPANY
22. PT MITRAMA INDO
23. PT CIRCLE INDO TAMA
24. PT MITUGO ASIA
25. PT MULTI FINANCE
26. PT MITRAGO ASIA
27. PT PRADIPTA CIPTA
28. PT GLOBAL
29. PT CENTRAMA INDO
30. PT MITRA ASIA
31. PT PERSONAL DEVELOPMENT
32. PT INTI GLOBAL WIJAYA
33. PT LINTAS KOMPUTER
34. PT MITRA TECHNOLOGI
35. PT MULTI DEVELOPMENT INDONESIA
36. PT PANSIGA
37. PT BOLINDO P U
38. PT TRAMALINDO
39. PT MITRA INDO PERSONAL
40. PT PRATAMA DEVELOPMENT
41. PT BUMI PRIMA
42. PT ASIA MITRA
43. PT CIPTA DAYA INDO
44. PT KRIDA CIPTA
45. PT MULTI SENTRA TECHNOLOGI
46. PT MITRA COMPANY
47. PT PERSONAL DEVELOPMENT ASIA
48. PT GLOBAL TRADE COMPANY
49. PT UTAMA MITRA COMPANY
50. PT MARSA INDO
51. PT INTI TAMA KARSA
52. PT DEVELOPMENT ASIA BANDUNG
53. PT GLOBAL PERSONAL DEVELOPMENT
54. PT MITRA INDO PERSONAL
55. PT SENTOSA JAYA GROUP
56. PT SENTRA TEHNOLOGI
57. PT LINUX SENTRAL TAMA
58. PT CAHYA AMATARA
59. PT INDOTAMA PRAKARSA
60. PT UTAMA GLOBAL PERSONAL
61. PT BIMA PERRKASA
62. PT DEVELOPMENT PERSONAL ASIA
63. PT HRD STAFF
64. PT KARYA KARTIKA
65. PT TOOLKIT STAR DEVELOPMENT
65. PT GRAHA GROUP INDONESIA
66. PT ERA WISMA GROUP
67. PT TIRTA ASIA
68. PT PRISMA DEVELOPMENT
69. PT APRINDO BOYOLALI
70. PT PELINDO UTAMA DEVELOPMENT
71. PT GRATAMA INDONESIA
72. PT GRENDA JAYA UTAMA
73. PT MEGA CIPTA KARYA
74. PT GAMATECH INDONESIA
75. PT GARMAINT MAN
76. PT NIAGA ORION VOCK
77. PT UNITED SOLUSINDO CENTRE
78. PT MU COMPANY
79. PT INDO GOLDEN STAR
80. PT MTS INC DEVELOPMENT
81. PT NATAR MITRA DEVELOPMENT
82. PT CYBER FUTURE
83. PT GMX LOGISTIC
84. PT BPF (BEST PROFIT FUTURES)
85. PT SABINA TIRTA
86. PT NETWAY UTAMA INDONESIA
87. PT MUTIARA DWIMITRA
88. PT MU TRADE COMPANIES
89. PT PRIMATAMA
90. PT MARCSA GROUP
91. PT PRIEST TUNGGAL KARSA
92. PT INTAKA JAYA COMPANY
93. PT CENTRATAMA INDONESIA
94. PT ABDI KARYA MANDIRI
95. PT KARYA RASA
96. PT I’ SUPPORT PERSONAL DEVELOPMENT
97. PT INTI MULTI TRADING
98. PT DIGI TAMA
99. PT DEVELOPMENT KOTA
100. PT TECHIE PERSADA
102. PT CIPTA ANUGRAH KENCANA
103. PT INTAKA JAYA
104. PT MITRA INDO BANDUNG
105. PT DREAM INC
106. PT CENTRALINDO DEVELOPMENT
107. PT DARINDO MULYATAMA
108. PT CAKRA BUANA SENTOSA
109. PT LABOR SERVICE COMULEINDO
110. PT MAHATMA KARYA PERKASA
111. PT GRAHA CITRA MANDIRI
112. PT CHEVRO ASIA PRATAMA
113. PT TECHNICAL DEVELOPMENT
114. PT TIRTA SURYA AGUNG
115. PT VIONA UTAMA
116. PT TEKHNIK HUANTEX UTAMA
117. PT PRODUCTION STELL INDOTAMA
118. PT ORICHALCOS
119. PT CIPTA PERKASA MANDIRI
120. PT MILLENIUM PUZZLE
121. PT INDO ARFANA
122. CV GAVINO JAYA UTAMA
123. PT UTAMA ELEKTRONIKA
124. PT NAMET INNOCENT GROUP
125. PT RFB
126. PT BANTARA TRINANDA
127. PT MULTI KARYA
128. PT SENTRATAMA GLOBAL SOLUSINDO
129. CENTRAMA INTI INDONESIA
130. PT YANSEN UTAMA
134. PT MAHKOTA INDORAYA
135. PT TIRTA PERSONAL
136. PT BARA RESOURCES INDONESIA
139. PT CENDANA ENGINEERING EXCAVATOR (CEE)/span>
140. PT LOGISTIC SERVICE CEMULEINDO
145. PT BUDI SENTOSA GEMILANG
146. PT SURYA MEGATAMA PERSADA
147. PT SENTOSA BINA PERKASA
148. PT INDAH PERMATA KARYA
149. PT PERSONAL ASIA
150. PT TIRTA ASIA INSTRUMENTS
151. PT PRIMA FAJAR
152. PT INDORIMA SENTOSA
153. PT HUTAMA INDONESIA
154. PT CCS
155. PT INTI GROUP INDONESIA
156. PT SPD
157. PT HDN, mengelem benang teh celup
158. PT RENGGANIS PRATAMA

Sumber : detikjob.blokdetikcom

Jika ada PT penipuan lainnya tolong ditambah di komentar.

Itu dia beberapa Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet. Semoga bermanfaat dan teruslah waspadai penipuan. Kalau ada info Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet yang lain, akan admin update lagi. Silahkan kunjungi lagi di lain waktu untuk melihat update-annya.

Tag : Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet,Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet,Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet, Tips Agar Tidak Tertipu dalam Memilih pekerjaan di Internet

Comments

  1. Pt. Enka anugerah indonesia
    Pt. Rajawali inti logistic

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

4 Lowongan Kerja Terbaru Hari ini di Palembang

4 Lowongan Kerja Terbaru Hari ini di Palembang - Bagi anda yang berada di Palembang dan tengah mencari Informasi Lowongan kerja terbaru hari ini di Palembang, berikut kami memposting 4 Lowongan kerja terbaru hari ini di Palembang, 15 Juni 2016. Lowongan berikut mungkin hanya berlaku hingga minggu depan, silahkan daftarkan diri anda segera. Klik disini untuk melihat lowongan kerja di palembang yang lainnya. 4 Lowongan Kerja Terbaru Hari ini di Palembang Lowongan Kerja Terbaru Hari ini di Palembang Yang pertama Operator warnet Palembang Kota,Sumatra Selatan dicari cepat operator warnet H3 net,saya mencari yang benar2 serius ingin bekerja..pria max 27 tahun sma(sederajat),bisa mengoperasikan komputer,tidak sedang bekerja di tempat lain atau kuliah,..yang berminat SILAHKAN KIRIM CV NYA dan bisa langsung cek lokasi di jln psi lautan no 1 rt 27 rw 07 kel 36 ilir,ilir barat 2 palembang (DAERAH TANGGA BUNTUNG SAMPING LR BUDIMAN) saya cari shift sore jam 16.00 s/d jam

Lowongan Kerja di PT Paran International Tangerang

Lowongan Kerja di PT Paran International Tangerang -  PT. PARAN INTERNATIONAL bergerak dalam bidang garment , transfer print (sublimasi) pada tekstil ataupun fabric.Dengan kapasitas 10 mesin printing Wide format Printer,  2 mesin roll press, 3 mesin desk press dan 300 lebih unit mesin sewing Rincian kontak Alamat:   , Jl. Industri Raya III Blok AC No 80 Cikupa , Tangerang KAWASAN INDUSTRI JATAKE   Jl. Industri Raya III Blok AC No 80 Cikupa ,  Tangerang   15710 ,  Banten Main:   (02) 1590 5021 Fax:   (02) 1590 5023 Lowongan Kerja di PT Paran International Tangerang PT Paran Tengah membutuhkan Pekerja 1. Operator Sewing Jarum 1 2. Obras 3.Overdect/Kamput Persyaratan : Usia maksimal 35 Tahun dan Khusus Wanita Bila anda bersedia, silahkan datang ke  Alamat:   , Jl. Industri Raya III Blok AC No 80 Cikupa , Tangerang KAWASAN INDUSTRI JATAKE   Jl. Industri Raya III Blok AC No 80 Cikupa ,  Tangerang   15710 ,  Banten

4 Lowongan Kerja Terbaru Di Bandung Hari Ini

4 Lowongan Kerja Terbaru Di Bandung Hari Ini - Bagi anda yang tengah mencari informasi Lowongan kerja terbaru hari ini di Bandung tanggal 13 Desember 2017, berikut Informasi Lowongan Kerja Terbaru hari ini di Kota Bandung. Lowongan Kerja berikut Bersumber dari Olx, dan mungkin hanya berlaku hingga minggu depan. Jadi, segeralah daftarkan diri anda jika tidak ingin ketinggalan : Lowongan Kerja Terbaru Di Bandung Hari Ini pertama Lowongan Pekerjaan Home Industri Nasitim Ayam 4 Lowongan Kerja Terbaru Di Bandung Hari Ini Pengumuman diperlukan segera karyawan untuk di industri rumahan nasitim ayam padasuka bandung dengan pabrik yg berada d kawasan sindanglaya bandung timur kriteria: - sehat jasmani dan rohani - jujur, amanah dan berintegritas - bisa bekerja sama dengan tim - pendidikan minimal smp dan atau sma sederajat - bisa motor kopling - diutamakan punya sim c - hapal rute kota bandung - diutamaman domisili bandung timur dan sekitarnya